Pengertian Multimedia
Multimedia diambil dari kata multi dan media. Multi berarti banyak dan media berarti media atau perantara. Multimedia adalah gabungan dari beberapa unsur yaitu teks, grafik, suara, video dan animasi yang menghasilkan presentasi yang menakjubkan. Multimedia juga mempunyai komunikasi interaktif yang tinggi. Bagi pengguna komputer multimedia dapat diartikan sebagai informasi komputer yang dapat disajikan melalui audio atau video, teks, grafik dan animasi.
Multimedia diambil dari kata multi dan media. Multi berarti banyak dan media berarti media atau perantara. Multimedia adalah gabungan dari beberapa unsur yaitu teks, grafik, suara, video dan animasi yang menghasilkan presentasi yang menakjubkan. Multimedia juga mempunyai komunikasi interaktif yang tinggi. Bagi pengguna komputer multimedia dapat diartikan sebagai informasi komputer yang dapat disajikan melalui audio atau video, teks, grafik dan animasi.
Fungsi Multimedia
diantaranya adalah :
1. Bidang periklanan yang efektif dan interaktif
2. bidang pendidikan dalam penyampaian bahan pengajaran
secara interaktif dan dapat mempermudah pembelajaran karena didukung oleh
berbagai aspek yaitu suara, video, animasi, teks dan grafik bidang jaringan dan internet yang membantu dalam
pembuatan website yang menarik, informatif, dan interaktif presentasi bisnis sehingga dapat meningkatkan kualitas
dan daya saing perusahaan
Sejarah Multimedia
· Istilah
multimedia berawal dari teater, bukan computer. Pertunjukan yang memanfaatkan
lebih dari satu medium seringkali disebut pertunjukan multimedia. Sistem
multimedia dimulai pada akhir 1980-an dengan diperkenalkannya Hypercard oleh
Apple pada tahun 1987 dan pengumuman oleh IBM pada tahun 1989 mengenai
perangkat lunak audio visual connection(AVC) dan video adhapter card ps/2
· Pada
tahun 1994 diperkerkirakan ada lebih dari 700 produk dan sistem multimedia
dipasaran. Multimedia
memungkinkan pemakai komputer untuk mendapatkan output dalam
bentuk yang jauh lebih kaya dari pada media table dan grafik
konvensional. pemakai dapat melihat gambar tiga dimensi, foto, video bergerak
atau animasi dan mendengar suara stereo, perekaman suara atau alat musik. Beberapa
sistem multimedia bersifat interaktif, memungkinkan pemakai memilih output dengan
mouse atau kemampuan layar sentuh untuk mendapatkan dan menjalankan aplikasi
itu.
Sistem Multimedia Stand Alone
Berbasis Jaringan
Sistem Multimedia Stan Alone adalah sistem computer multimedia
yang memiliki minimal Storage (Harddisk, CD-Rom/DVD-ROM/CD-RW/DVD-RW) , alat input
(keyboard, mouse, scanner, mic) dan Output (speaker, monitor, LCD, proyektor),
VGA dan Soundcard.
Adapun karateristiknya
yaitu :
• Mempunyai
sarana I/O (input/output) untuk menangkap data multimedia yang akan di proses
• Pemisahan
datadari proses playback
• Data
yang di olah adalah data mentah atau databaku
• Memiliki
bit rate yang sangat tinggi
– NTSC
(30 fps)
– PAL
(25 fps)
• Data
Video
secara harfiah data video adalah susunan gambar yang berurutan
berdasarkan waktu.
• Berdasarkan
hal tersebut data video merupakan ukuran dari 2 jenis kapasitas yaitu:
ü Intra
frame size
ü Inter
frame size
• Intra
frame size
Ukuran sebuah kapasitas gambar.
Dari contoh sebuah frame dengan ukuran 640 x 480, dengan
kedalaman warna (colour depth) 24 bit, maka besar kapasitas dari gambar
tersebut sebesar 7.372.800 bit atau 921.600 bytes.
• Inter
frame size
ukuran dari sebuah full motion dalam satuan waktu, dimana
frame ratenya bergantung dari bit rate yang digunakan apakah dengan NTSC atau
PAL jika menggunakan PAL maka ukuran kapasitas video dengan ukuran 640 x 480,
24 bit dalam wtk 1 detik memiliki kapsitas 23.040.000 bytes, atau 21,.97
Mbytes
Dikarenakan data original tersebut sangat besar maka dilakukan
proses pemampatan data atau yang disebut Kompresi.
Sistem Multimedia Berbasis Jaringan adalah sistem computer yang
harus terhubung melalui jaringan yang mempunyai bandwidth yang besar.
Perbedaannya adalah adanya sharing sistem dan pengaksesan terhadap sumber daya
yang sama. Contoh : Video Converence dan Video broadcast.
Karakterisitiknya :
• Data
yang dikirimkan harus mengalami proses kompresi
• Memerlukan
Bandwidth yang sangat besar
• Data
multimedia bersifat data Stream
• Mode
pengiriman Data multimedia Berbasis Jaringan :
ü Broadcast
ü Multicast
ü Unicast
ü Multi
Unicast
• Jenis
Aplikasi Pada Sistem Multimedia berbasis Jaringan
o Video
Conference
o Video
On Demand over web
o CSCW (Computer
Support Cooperative Work)
o Video
Broadcast
o TV
Over IP
o VOIP
ModeTransmisi Data
Stream:
o Mode
Transmisi Asycronous
o Mode
Transmisi Syncronous
o Mode
Transmisi Isocronous
Pengaruh penggunaan Multimedia berikan contohnya
masing-masing
Pengaruh multimedia
banyak sekali, multimedia digunakan untuk berbagai bidang kehidupan mislannya
dibidang pendidikan, bisnis, perdagangan, politik, dsb.
Contoh
dalam bidang pendidikan atau pengajaran
Dalam penyajiannya, multimedia pembelajaran
dapat dikelompokkan menjadi beberapa format, antara lain;
a.
Tutorial
b.
Drill dan Practice
c.
Simulasi
d.
Percobaan atau Eksperimen
e.
Permainan
Struktur Industri Multimedia dari beberapa level saat ini
Level 1 : Content atau Media
Terdiri dari penyedia konten Multimedia,
misalnya industri berita, industri televisi dan industri hiburan.
Level
2 : Applicaton/Software
- Terdiri dari pengembang aplikasi
multimedia.
- Aplikasi termasuk pembelajaran jarak
jauh, desktop videoconference, kios multimedia, hiburan dan pencitraan.
Level
3 : Platform/Hardware
-
Terdiri dari pembangun platform Multimedia
- Ini termasuk pembangun Silicon Graphics,
Sun, Intel, Apple, dan vendor perangkat keras lainnya.
Level 4 : Networking
- Infrastruktur jaringan.
- Ada dua lingkungan jaringan yang sangat
berbeda yang akan menggunakan Multimedia aplikasi:
- Bisnis jaringan dan
- Jaringan publik yang
muncul.
The King Casino | Ventureberg
BalasHapusDiscover the rise and fall kadangpintar of the 토토 사이트 코드 king casino, one septcasino.com of the world's gri-go.com largest The Casino is operated by the ventureberg.com/ King Casino Group. You can